Buka Bazar UMKM, Pj Wako Sebut Pelaku UMKM Perlu Pembinaan Agar Produknya "Menasional"


RIAU
CEMERLANG.com | 
  PEKANBARU - Pen jabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun Sstp Map  SSTP MAP membuka secara resmi Bazar UMKM Pekanbaru, di Mal SKA Pekanbaru, Rabu (22/6/2022). Kegiatan ini berlangsung dari 22 Juni - 26 Juni 2022.


Sebanyak 32 stand UMKM khas Pekanbaru meramaikan stand bazar di Mal SKA Pekanbaru. 32 UMKM ini mempromosikan hasil kerajinan souvenir dan kuliner khas Pekanbaru.


Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pekanbaru Sarbaini, mengatakan, ada sekitar 14.000 pengusaha UMKM Pekanbaru. Setelah proses seleksi terpilihlah 32 pengusaha yang mengisi stand bazar di Mal SKA.


"Semoga dengan bazar ini membantu mempromosikan hasip kreatifitas pelaku usaha UMKM Pekanbaru. Dengan demikian mampu meningkatkan ekonomi pelaku usaha UMKM Pekanbaru," katanya.


Sementara itu, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun saat diwawancarai wartawan usai berkeliling bazar, mengakui bahwa sebenarnya kreatifitas pelaku UMKM Pekanbaru sudah bagus. Namun demikian kurang promosi, serta kurang pembinaan dari Dinas Tekhnis Pemko Pekanbaru.


"Tujuan kegiatan ini jelas ya, kita mengikuti intruksi Pemerintah Pusat dalam rangka pemulihan ekonomi. Ini ajang bagi pengusaha UMKM kita untuk promosi, mengembangkan inovasi dan kreatifitas untuk menambah kualitas produknya," kata Muflihun.


Secara khusus, ia meminta pihak Dinas terkait dan Camat serta Lurah untuk peka terhadap hasil produk UMKM masyarakat Pekanbaru. Karena masih minimnya produk hasil UMKM Pekanbaru yang terkenal secara nasional.


"Ini perlu pembinaan, perlu evaluasi, perlu promosi dan perlu terekspos secara luas. Dengan demikian, ekonomi masyarakat Pekanbaru yang hancur lebur selama dua tahun ini akibat pandemi covid-19, bisa kembali bangkit," katanya.


Bersampena dengan HUT Pekanbaru ke-238, Pj Wali Kota meminta masyarakat Pekanbaru kembali mencintai produk lokal. "Sebagai pelayan masyarakat kami ingin dinas tekhnis membina pengusaha UMKM agar terarah. Sehingga produk mereka bisa diminati secara nasional bahkan global. Semoga pemulihan ekonomi yang kita cita - citakan dapat terwujud," harapnya.


Turut hadir dalam acara ini, Sekdako Pekanbaru Drs H M Jamil MAg MSi, Kepala Disperindag Ingot Hutasuhut, Kepala Satpol PP Pekanbaru Iwan Simatupang, Kepala Disketapang Alek Kurniawan, Kepala PUPR Indra Pomi dan Camat Binawidya Edi Suherman. (rls/rc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama