Tinjau Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dr. Kamsol ; Terus lakukan Peningkatan Sarana dan Prasarana Sebagai Pusat literasi Baca Kampar


RIAU
CEMERLANG.com | 
Bangkinang Kota – Setelah acara Pembukaan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan O2SN di dinas Dispora Kabupaten Kampar, Tak kenal lelah Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM langsung tinjau Dinas Perpustakaan dan Arsip, Senin (27/6/2022).


Dalam dialog bersama Kadis perpustakaan dan Arsip Ir. Nurhasani, MM, Pj Bupati Kampar Dr. Kamsol menegaskan Pemerintah Kabupaten Kampar akan berkomitmen untuk terus mengembangkan bidang literasi dan bidang kearsipan khususnya dalam menunjang Pembangunan.”ungkap Kamsol”.


Dalam wawancara tersebut Dr. H. Kamsol, MM mengatakan bahwa Di era ini ada 3 yang harus dikuasai anak-anak dimasa kini, yang pertama Kompetensi, Karakter, literasi. Karekter itu bagian bagian penting dan literasi Baca itu yang pertama sekali harus dikuasai, rendahnya kualitas mutu pendidikan ini karna rendahnya literasi baca kita. Sebab kita tidak akan mampu bersaing dengan negara yang sudah maju dengan kemampuan Baca yang sangat rendah, akhirnya yang terjadi Hoax dimana-mana , karna orang tidak melihat isi.


“Lemahnya literasi yaitu kemampuan membaca itu harus dimulai dari anak anak, anak usia dini itu tidak harus pandai membaca tapi dibacakan oleh orang tuanya, itu akan menarik motivasi anak ingin menggemar membaca, Orang tua sangat Berperan penting untuk memacu Kemampuan literasi membaca anak”.

Perpustakaan diharapkan dapat berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan reaksi untuk meningkatkan kecerdasan sehingga mampu meningkatkan literasi pada masyarakat.”ungkap Kamsol”.


“Saya selalu berupaya untuk meningkatkan mutu kualitas pelayanan Perpustakaan kita, sarana prasarana nya tersedia sehingga dapat mendorong empat yang tadi diharapkan yaitu literasi, literasi Baca, literasi Budaya, literasi teknologi dan literasi keuangan. Jadi semuanya harus dimiliki dalam satu perpustakaan ini.”tutup Kamsol.

Semwntara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kampar menyatakan ucapan terima kasih atas kunjungan Bapak Pj Bupati Kampar, kami insyaallah telah melakukan berbagai pembenahan hingga ke Desa – desa, begitu juga MoU dengan berbagai pihak dalam pengarsipan dokumen, kami juga saat ini mengarah pada pustaka digital ” Kata Nurhasani, MM yang didampingi Sekretaris, para kabid, Kasi dan seluruh staf Perpustakaan dan Arsip kabupaten kampar (DiskominfoKampar/ISN).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama