Anda Hobi Fotografi? Yuk Kunjungi Ulu Kasok

RIAUCEMERLANG.com|  XIII Koto Kampar-  Jika anda seorang yang hobi dengan fotografi dan mencari View yang bagus, inilah salah satu tempatnya yaitu ulu kasok yang terletak di XIII Koto Kampar.


Ulu Kasok merupakan salah satu destinasi wisata kebanggaan yang ada di Kabupaten Kampar. Keindahan alam yang dimiliki kawasan wisata ini sangat luar biasa dan hampir sama dengan keindahan alam di kawasan Raja Ampat, tak jarang kawasan Wisata Ulu Kasok ini  dikatakan sebagai raja empatnya di sumatra.



Ulu Kasok memang bukan Raja Ampat, tetapi destinasi wisata yang satu ini menawarkan keindahan layaknya situs wisata populer tersebut dengan gugusan pulau yang dikelilingi oleh air. Bedanya, jika pulau-pulau di Raja Ampat dikelilingi oleh laut, maka di Ulu Kasok Anda akan menemukan pulau-pulau kecil yang dikelilingi air danau. Dari jauh, Ulu Kasok sangat mirip dengan Raja Ampat yang penuh pulau karang berbalut lautan biru.


Seperti yang dilansir www.batiqa.com Ulu Kasok yang terletak di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau ini sesungguhnya bukanlah pulau sebagaimana Raja Ampat sungguhan. Sejatinya, Ulu Kasok adalah sebuah desa yang ditenggelamkan untuk membuat proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air Kota Panjang. Hasilnya, bukit-bukit karang tampak menyembul layaknya sebuah pulau setelah lokasi tersebut dipenuhi oleh air yang digunakan untuk membuat danau buatan di daerah tersebut. Perbedaan ketinggian antara daerah berbukit dan lembah membuat wilayah ini muncul area-area yang dari jauh terlihat seperti pulau karang di Raja Ampat.



Walaupun Ulu Kasok Kampar bukanlah gugusan pulau sungguhan seperti Raja Ampat, namun tak sedikit wisatawan yang terpukau oleh keindahannya. Area di Puncak ulu Kasok kini menjadi lokasi wisata favorit tempat orang berfoto dan menikmati keindahan alam buatan ini secara maksimal. Tak ada salahnya bukan untuk mendapatkan view ala Raja Ampat dengan budget yang sangat terjangkau?


Ya, berkunjung ke kawasan wisata ulu kasok para wisatawan tak perlu merogoh kocek dalam - dalam karena dengan hanya membayar Rp. 10.000/ orang, para wisatawan bisa menikmati keindahan alam yang ada di tempat itu.

Letak destinasi wisata ini pun tidaklah jauh dan sulit untuk mengunjunginya karena hanya terletak di XIII Koto Kampar , bila melakukan Perjalanan darat dari Pekanbaru hanya kurang lebih 90 Km, atau sekitar 2 jam perjalanan dengan kecepatan normal.


Tak perlu khawatir dengan kenyamanan selama perjalanan karena aksesnya sudah cukup nyaman melewati jalan nasional Pekanbaru-Bangkinang-Payakumbuh. Bagi wisatawan yang berasal dari luar Pulau Sumatra, pemandangan perkebunan sawit dan pepohonan di sisi kanan kiri jalan akan menjadi daya tarik tersendiri yang tak selalu bisa didapatkan di kota asal mereka.


Sesampainya di Ulu Kasok, Anda bisa mulai mendaki menuju puncak Ulu Kasok yang jadi lokasi terbaik untuk mengambil foto. Sebelum bertandang ke tempat ini, ada baiknya Anda mempersiapkan stamina lebih. Untuk mencapai puncak Ulu Kasok, Anda harus berjalan kaki menanjak sejauh kurang lebih 500 meter. 



Jadi para wisatawan yang hobi fotografi sangatlah betah dengan keindahan alam dan view yang sangat menarik  yang ada  di kawasan ini.


Selain berfoto, kawasan destinasi wisata ulu kasok ini juga dapat dijadikan tempat nyantai bareng keluarga dan kerabat untuk melepaskan lelah dan kepenatan dengan berbagai aktivitas yang dimiliki selama ini.


Kehadiran kawasan destinasi wisata ini juga  membawa keberkahan bagi warga sekitarnya karena warga tempatan dapat meningkatkan perekonomian mereka dengan berjualan makanan dan minuman  serta  juga  melayani jasa foto bagi wisatawan yang tidak membawa kamera kesana dengan harga yang murah dan langsung jadi.


Selain itu, kita juga bisa menyewa speedboat untuk berkeliling danau dan melihat pulau-pulau kecil tersebut dari dekat.


Andi Salah seorang fotografer yang  ditemui oleh media ini  mengatakan Ulu Kasok memang sepi saat hari kerja dan baru ramai saat akhir pekan.  " setiap hari sabtu dan minggu selain itu juga di hari libur nasional, kawasan ini sangat ramai di kunjungi para wisatawan" katanya.


Kondisi jalan menuju puncak Ulu Kasok sekira 500 meter belum diaspal. Undakan tangga juga masih berupa tanah. Hanya pagar warna warni yang menjadi penghias Ulu Kasok. Menurut Andi Perlu ada penambahan fasilitas terbentur keterbatasan dana. Alasannya, pengelolaan objek wisata Ulu Kasok dilakukan secara swadaya oleh kelompok masyarakat.


Andi berharap pemerintah daerah maupun pemerintah pusat bisa memberikan bantuan untuk penataan objek wisata Ulu Kasok sehingga potensi pariwisata di tempat itu bisa digarap optimal.


Anda tertarik untuk dengan biaya yang murah??? Ayo berkunjung ke Ulu kasok dan salurkan bakat Fotografinya. (Edi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama