Kongres Buruh Nusantara Ke - 1 Resmi Dibuka, Siapkan Buruh Hadapi Tantangan Industri


RIAU
CEMERLANG.com| 
  Pekanbaru - Pembukaan Kongres Buruh Nusantara ke 1 resmi dibuka , dengan tema "mari wujudkan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan dalam rasa, karsa, cipta dan karya bertempat di Furaya Hotel Pekanbaru, Minggu (14/08/2022). 


Tampak dihadiri oleh , Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau dan Pekanbaru, Polresta Pekanbaru, Ketua Forci Riau , tokoh masyarakat dan stake holder lainnya . 


Bakal Calon  (balon) Ketua Kongres Nusantara sekaligus Inisiator  , Boby  Febrianto. S.Pd.SH mengatakan dalam pidatonya sebelum acara banyak bertanya padanya , asosiasi ini sudah terbentuk atau belum , insya Allah dalam kongres ini akan di defenitifkan pengurus intinya. 


Adapun Visinya yakni menciptakan hubungan industirial yang harmonis dan berkeadilan dalam rasa, karsa, cipta dan karya tentunya  berazaskan Pancasila .


Sedangkan Misi  memperjuangkan hak - hak buruh, sebagai jembatan dan perpanjangan tangan ke pemerintah maupun stake holder dalam menjalin sinegitas yang baik kedepannya.


Bahkan Kadis Disnakertrans Riau berpesan terhadapnya, agar asosiasi ini beranggotakan para buruh buruh dimana  benar - benar asosiasi yang diharapkan sesuai dengan nama dan fungsinya sehingga tepat sasaran . 


" Kami yakin dan percaya merupakan  manifestasi (perwujudan )  seluruh anak bangsa terhadap hadirnya organisasi buruh Nusantara,  tentunya sebagai pengayom buruh dalam mewujudkan misi memperjuangkan kesejahteraan pekerja/buruh menjadi tujuan utama.  


Kedepannya kita akan buka pelatihan berserikat di kantor bagi para para buruh sehingga memahami aturan dan mekanismenya didalam sebuah perusahaan tempatnya mencari nafkah. 


Akhirnya Boby menjelaskan, melalui momentum Kongres Buruh Nusantara ini  kelak lebih memantapkan terhadap Anggaran Dasar Dan Anggaran Rumah Tangga  (AD/ART) sehingga terciptanya harmonisasi di tingkat pengurus maupun program kerja.  


Sementara Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Riau, Imron Rosyadi Dalam sela acara menyampaikan fungsi dan tujuan dari  serikat buruh adalah memberikan perlindungan kepentingan pekerja, dan kesejateraan maupun keluarganya.


Bahkan tidak usah sungkan bertanya kepada Disnakertrans terkait masukan dan pendapat , Insya Allah kami akan hadir memberikan jawaban baik itu didinas maupun di kedai kopi sekalipun bila perlu . Sembari Imron tertawa memecah keheningan acara. 


Imron menghimbau  jangan terlibat politik praktis walaupun sanksinya tidak ada,  faktor ini harus diwaspadai oleh pengurus dan jajarannya, fokus kepada tujuan awal baik itu visi dan misi Buruh Nusantara dalam memberikan perlindungan terhadap anggotanya. 


Harapannya kesejahteraan pekerja diperhatikan  bagaimana kesehatan keluarganya, penghasilan dan keselamatan mereka.Semua itu, dibutuhkan seluruh pekerja, karena pekerja juga manusia. Karena itu, perhatian kepada pekerja mutlak harus diberikan.


 "Yang jelas, pekerja itu juga manusia. Mereka punya keluarga dan hak untuk mendapat perhatian. Pemerintah hanya bisa mengawasi dan membina serta memberikan kebijakan tentu tidak lari dari  peraturan perundang undangan yang ada . Ungkapnya (rls/rc)
















.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama