Pelatihan Sunat Modern Tanpa Jarum Suntik Sekaligus Sunat Modern Untuk 35 Orang Anak.


RIAU
CEMERLANG.com| 
 PEKANBARU- Pelatihan sunat Modern dan Sekaligus Sunat Massal yang dilakukan tanpa Jarum Suntik, yang di adakan di Hotel Aryaduta  Pekanbaru, Minggu ( 14/08/2022 ).


Pelatihan yang di adakan oleh dua PT yaitu  PT. Khitan Modern Nusantara dan PT Sunat Modern Indonesia yang sebagian dari kegiatan rutin sosial kali ini di ikuti oleh 33 orang Perawat dan 6 orang Dokter dimana 5 orangnya dari dokter umum dan 1 orangnya dari dokter spesialis bedah.



Selama kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar dan setelah pelatihan ini selesai akan langsung dilaksanakan praktek penyunatan terhadap pasien langsung yang hari ini di ikuti oleh 35 orang anak yang akan disunat.


2 orang narasumber dari kegiatan ini Bapak Samsul Bahri, S.Kep.,CWCCA.,CH selaku IO Pelaksanaan Sunat Modern Tanpa jarum suntik dan Bapak Nasrullah D.R. seorang Master Trainer Super-Ring dan Sunat Modern Tanpa Jarum Suntik.


"Kita menggunakan sunat modern tanpa jarum suntik metodenya metode super ring di mana Sunat ini kita tidak lagi menggunakan jarum suntik pada proses pembiusannya nanti kita hanya menggunakan alat di mana alat ini hanya menempel saja di kemaluan anak sehingga setelah kita masukkan biusnya nanti dia tidak akan bereaksi lagi tidak akan terasa lagi," Jelas Samsul


Lanjutnya "Kemudian setelah proses pembiusan kita juga akan melaksanakan pemasangan alat, pemasangan alat itulah yang namanya ring yang seperti cincin yang akan kita pasangkan di kemaluan anak sehingga alat ini dia akan menempel di kemaluan anak itu selama 8 sampai 12 hari dan ringnya ini dia akan lepas dengan sendirinya secara otomatis," Kata IO Sunat Modern ini.


Master Trainer Super-Ring Nasrullah D.R menjelaskan, "kami atau bagian daripada Corporate Social Responsibility ( CSR ) dari perusahaan tujuannya adalah untuk membantu banyak masyarakat seperti dhuafa, yatim piatu seperti yang memiliki keterbatasan secara ekonomi untuk mendapatkan layanan khitan yang berkualitas maka kita adakan kegiatan seperti ini rutin dan biasanya kegiatan seperti ini kita rangkaikan dengan pelatihan atau sertifikasi kepada kawan-kawan tenaga medis seperti dokter tenaga kesehatan seperti perawat dan bidan agar nanti kedepannya masyarakat itu bisa mudah untuk mendapatkan akses pelayanan sunat khitan modern seperti ini.

 

"Selama ringnya terpasang anak bebas melakukan aktivitas seperti biasa misalnya seperti mandi, berenang, olahraga, sekolah, Sholat bahkan bisa melakukan aktivitas yang lebih ekstrim Lari, Lompat, dan main bola," ucap master trainer Super Ring 


Dari salah satu pasien yang ikut sunat modern yang bernama Revan Mardyan yang berumur 11 tahun mengatakan "Waktu di sunat itu tidak terasa sakit, hanya terasa nyeri sedikit waktu pas pembiusan yang menggunakan alat tanpa menggunakan jarum suntik, prosesnya cepat dan sekarang udah langsung bisa pakai celana dan berjalan dengan normal," kata Revan 


Kegiatan ini merupakan kegiatan angkatan yang ketiga yang dilakukan dikota Pekanbaru di mana sebelumnya angkatan pertama di adakan di hotel Evo sebanyak 34 Pasien dan angkatan kedua dihotel Aryaduta sebanyak lebih kurang 20 pasien dan hari ini di adakan lagi di hotel Aryaduta sebanyak 35 pasien.


Dari hasil yang selama ini keluhan dari pasien tidak ada, pasien merasa enak-enak saja dalam artian keluarga atau orang tua sangat terbantu dan tidak perlu di jaga selama 24 jam lagi oleh orang tua.


Dua PT ini berharap kegiatan rutin ini tetap berjalan lancar dan baik dengan banyaknya pihak yang untuk bisa berpartisipasi untuk mengadakan kegiatan-kegiatan seperti ini, misalnya ada lembaga atau institusi yang selama ini aktif untuk mengadakan khitanan massal tapi masih menggunakan metode konvensional jahit dan gunting serta perban harapan bisa bergeser menggunakan layanan metode sunat modern tanpa jarum suntik.


Semoga masyarakat dalam prosesnya bisa mendapatkan layanan yang betul-betul eksklusif premium dan tidak merugikan atau merepotkan anak dan orang tua dalam proses perawatan karena kita tahu bersama bahwa dengan metode ini anak bebas aktivitas tidak dibatasi aktivitasnya jadi tetap bisa kita membantu masyarakat tapi lebih menekankan kepada benefit atau manfaat yang lebih dibanding metode yang sebelumnya.


Kegiatan sunat modern tanpa jarum suntik pun berjalan dengan lancar dan sukses melaksanakan penyunatan terhadap 35 anak atau pasien, walaupun masih ada terdengar tangisan dari anak-anak yang di sunat karena itu merupakan faktor dari psikologis anak yang masih merasa ketakutan.(rls/rc )

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama