Peringati Tahun Baru Islam 1444 H, Plt Bupati : "Jadikan Tahun Baru sebagai Semangat Pengabdian"


RIAUCEMERLANG.com |     Teluk Kuantan – Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi mengadakan Tabligh Akbar dalam rangka memperingati tahun baru Hijriyah 1444 H yang diadakan di Mesjid Agung Kecamatan Kuantan Tengah, Senin (08/08) pukul 09.00 WIB.


Dalam kegiatan ini  dihadiri oleh Forkopimda, Kepala OPD ,Asisten , Kabag di lingkup Pemerintahan Kabupaten Kuantan Singingi ,    Kementerian Agama Kuantan Singingi serta seluruh Tenaga Aparatur Sipil Negara dan Tenaga Honorer. Sebagai Penceramah  tablig akbar adalah Drs. H. Kariman Ibrahim, M.A.


Plt Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak. M.M menyampaikan pesan dalam sambutannya, “Jadikan tahun baru sebagai semangat pengabdian bagi masyarakat, Aparatur Sipil Negara dan tenaga Honorer. Tahun baru islam hendaknya sebagai langkah Awal dalam meningkatkan etos kerja, serta meningkatkan kedisiplinan di lingkungan kerja dan dapat menghindari kita dari sifat pemalas,"Ucapnya.


Kemudian Kepala Kementerian Agama Kuantan Singingi Drs. H. Jisman., M.Ag juga menyampaikan Penetapan awal tahun baru Islam atau penanggalan hijriah merujuk pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad Kota Makkah ke Madinah.


Hijrahnya Nabi Muhammad pada tahun 622 Masehi ini menjadi salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam. Kemudian ditetapkan sebagai hari pertama penanggalan hijriah atau kalender Islam, yakni 1 Muharam 1 Hijriah.


"Khalifah Umar bin Khattab sangat berperan dalam sejarah penetapan awal kalender hijriah yang menjadi awal tahun baru hijriah. Khalifah Umar bin Khattab dengan persetujuan Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib menjadi pemrakarsa penetapan awal tahun baru Islam"


Tahun 622 Masehi yang merupakan tahun hijrahnya Nabi Muhammad SAW, menjadi tahun pertama kalender hijriah. Kala itu adalah tahun ke-17 setelah peristiwa hijrah atau 3-4 tahun saat kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab, "Jelasnya.


Drs. H. Kariman Ibrahim, M.A dalam ceramah agamanya menyampaikan setiap pekerjaan yang kita lakukan niatkan sebagai ibadah, maka akan timbul keberkahan setiap langkah kita dengan niat baik kita yaitu demi kemajuan Kabupaten Kuantan Singingi.


Semoga mulai tahun ini menjadikan tahun Al-Qur'an, kabupaten Kuantan Singingi menjadikan kab. Al-Qur'an dan keluarga kita semua menjadikan cinta terhadap Al-Qur'an,"Ucapnya.(rls)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama