PJ Bupati Kampar Dampingi Wapres Panen Perdana Pembibitan Sawit


RIAU
CEMERLANG.com |
      Siak Hulu – Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM mendampingi Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin dalam melakukan Panen Perdana Pembibitan Sawit dan Peninjauan Lokasi Pembibitan pada Kunjungan Kerja ke Pondok Pesantren (Ponpes) Teknologi Riau di Desa Pangkalan Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kamis (25/08/2022). 


Hadir pada kesempatan tersebut Gubernur Riau Drs. Syamsuar, M.Si,  Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Danrem 013  Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung,  Forkopimda Riau,  Para Bupati se-Provinsi Riau dan Tokoh Masyarakat serta Pelaku Usaha Persawitan Riau.



Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin saat meninjau kegiatan Santripreneur Berbasis Sawit menyampaikan agar Pesantren yang berada di Daerah Penghasil Komoditi Sawit dapat berperan aktif dalam menggerakkan roda Perekonomian Daerah.


Selanjutnya K.H Ma’ruf  Amin berharap agar program ini dapat berhasil lebih maksimal, perlu dikembangkan Kolaborasi dan Kemitraan yang melibatkan tiga entitas yakni Pemerintah, baik Pusat maupun Daerah, Dunia Usaha, dan Pesantren itu sendiri,” Harap Wapres RI.


Pj. Bupati Kampar pada kesampatan itu menyampaikan Ucapan selamat datang kepada Wakil Presiden RI atas kunjungannya ke Kampar Serambi Mekkah Provinsi Riau tepatnya di Ponpes Teknologi Riau Kecamatan Siak Hulu.



Di Katakan Dr. H. Kamsol yang juga merupakan Sekjen Umum Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Seluruh Indonesia (AKPSI) tersebut menyatakan Kunjungan Wapres RI ke Ponpes ini dalam rangka menghadiri beberapa kegiatan, salah satu di antaranya adalah peninjauan kegiatan program Santripreneur Berbasis Sawit yang bekerja sama dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO), dengan agenda Panen Perdana Pembibitan Sawit Santri, Penanaman Kecambah Sawit Hibrid bersama 100 Santri, dan Pengenalan Teknologi proses Pengolahan Pabrik Minyak Makan Merah (M3).


Untuk di ketahui, Santripreneur adalah program yang didukung penuh oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) yang dilaunching oleh Wakil Presiden Republik Indonesia pada Oktober 2020 lalu.


Ini sangat sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten kampar dalam rangka Peningkatan Ekonomi Masyarakat dari Komoditi Sawit beserta turunannya,  banyak peluang yang dapat membuka lapangan pekerjaan dan bernilai ekonomi dari pengelolaan hasil sawit dan turunannya,  kita banyak miliki Lahan Sawit dan banyak miliki Pondok Pesantren di Kampar yang siap mendukung Santripreneur ” Kata Kamsol.



Dalam kunjungan kerja Wapres dalam peninjauan kegiatan program Santripreneur berbasis sawit, sebelumnya Wapres telah Melaunching Operasional Bank Riau Kepri Syariah yang di laksanakan di Lantai IV Ballroom Menara Dang Merdu Kantor BRK Syariah Pusat Pekanbaru. (Diskominfo Kampar)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama