Meranti Raih Juara Umum Festival Pangan Lokal B2SA Provinsi Riau


RIAU
CEMERLANG.com|
  
 Pekanbaru — Ketua Tim PKK Kepulauan Meranti Ibu Hj. Rinarni Meraih Juara Umum pada Festival Pangan Lokal B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) Tingkat Provinsi Riau tahun 2022. Bertempat di Halaman Dharmawanita Jalan Diponegoro Pekanbaru. Selasa (13/9/2022).

Edukasi gerakan pangan lokal “Kenyang tidak harus nasi “Sehat dan bahagia dengan pangan lokal”.


Hadir Gubernur Riau Drs. Syamsuar Beserta istri Hj. Misnarni Ketua TP PKK Provinsi Riau, Dinas Ketahanan Pangan Dan Holtikultura Propinsi Riau, Ir. Syah Fahlevi, M.Si, Kabid Tanaman Pangan Sapta Rahmawati S.Pi. mks, dan dihadiri Ketua TP – PKK Kabupaten / Kota, Forkompinda Riau.



Tema “Edukasi Pangan Lokal, Kenyang Tidak Harus Nasi”, “Sehat dan Bahagia Dengan Pangan Lokal”. Untuk Tahun ini Alhamdulillah Meranti hebat alias Jossss mendapatkan Juara I dan sekaligus Raih Juara Umum pada Festival Pangan Lokal B2SA Provinsi Riau.


Ketua Team PKK Kabupaten Kepulauan Meranti Ibu Hj. Rinarni menyebutkan  “Ide ini adalah ide bersama, dari tanaman pangan dan ide-ide PKK, Karena usaha kerja bersama ya inilah hasilnya” Alhamdulillah kita mendapatkan yang terbaik hari ini”.


Kedepannya saya berharap untuk semua anggota PKK dan instansi yang terkait tetap saling bekerja sama, “tadi olahan dari sagu pengganti makan siang untuk ibu-ibu hamil, yang cukup dengan gizinya, tercoverlah untuk biayanya”. Kedepannya terus semangat dan kerja sama yang baik, Insya Allah kita pertahankan”. Ujar istri Bupati Meranti H. Muhammad Adil SH MM.


Kadis Ketahanan Pangan dan Holtikultura Propinsi Riau, Ir. Syah Fahlevi, M.Si Melalui Kabid Ketahanan Pangan Sapta Rahmawati menjelaskan dihadapan Wartawan, “Untuk Ketahanan Pangan ini, kita menghimbau kepada Team Penggerak PKK, Supaya semua Kabupaten/Kota itu untuk mengkonsumsi pangan lokal yang bersumber karbohidrat. Maksudnya tidak hanya mengkonsumsi nasi saja, kita bisa menggunakan sumber pangan lokal ini seperti, Sagu, Keju, Lentang, Ubi Jalar, Talas Ungu, Singkong yang ada dimasing-masing daerah setempat.


“Jadi himbauan dari pak Gubernur kita coba untuk tidak memakan beras satu hari, minimal kita coba mengkonsumsi pangan lokal yang ada di daerah propinsi Riau “. Ujar Kabid.


Terkait tema untuk ibu hamil di Semester II, maksudnya ibu hamil di Semester ke II, dimana sang ibu sudah mau makan, karena di Semester I, kondisi yang masih mual, lemas, jadi mereka tidak mengkonsumsi, sehingga di Semester ke II ini, kita membuat menu sehingga ibu hamil ini mau makan, tapi yang bersumber dari pangan lokal ini tadi, ada nilai gizinya pasti, kemudian ada juga nilai rasanya, benar-benar kesehatan untuk ibu, B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, Aman) dan harapan kita nantinya bayi ibu mendapatkan kecukupan gizi. Jelas Sapta


Untuk diketahui, Juara Umum Kabupaten Kepulauan Meranti, Juara II di Raih Kabupaten Siak dan Juara III, di Raih Kabupaten Kampar.


Provinsi Riau memiliki potensi terpendam yaitu Tanaman Sagu (Metroxylon spp) yang banyak tumbuh di daerah Hilir Sungai maupun di rawa-rawa seperti di wilayah Indragiri Hilir, Bengkalis dan Kepulauan Meranti.


Sagu merupakan salah satu pangan sehat sumber karbohidrat yang memiliki beragam keunggulan dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya. Sagu tidak mengandung gluten sehingga lebih aman dikonsumsi oleh pengidap alergi gluten. Masyarakat Riau telah lama menjadikan sagu sebagai pangan sumber karbohidrat alternatif, untuk diolah menjadi beragam panganan tradisional seperti Sepolet, Gedegob, Roti Jala, Lontong dan Cendol Sagu. Selain itu, pati sagu sangat fleksibel untuk diolah kembali menjadi berbagai jenis makanan seperti Mie Sagu, Biskuit Sagu, maupun Sagu Rendang Khas Riau. Pati Sagu juga dapat dijadikan bahan baku industri pangan, seperti Gula Cair dan maltodekstrin. Peluang pengembangan sagu sangat terbuka lebar bagi Provinsi Riau. Pembangunan industri berbasis sagu di Riau, khususnya di daerah-daerah penghasil sagu, dapat menyerap tenaga kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ujar Fahlevi


Diwaktu yang sama, Addinal Khairi Ketua Tim AOK Kota Pekanbaru, mengucapkan selamat dan sukses buat Ketua Tim PKK Kepulauan Meranti Hj Minarni yang telah berhasil meraih Juara I dan sekaligus sebagai Juara Umum Festival Pangan Lokal B2SA Provinsi Riau Tahun 2022. Semoga Pemerintah Kepulauan Meranti yang dipimpin oleh Bupati H Muhammad Adil SH MM dan ibu Ketua Tim PKK Kepulauan Meranti terus memberikan kemajuan khususnya ketahanan pangan dan kemajuan Kabupaten Kepulauan Meranti.


Terakhir, semoga kemajuan melalui program strategis Kabupaten Kepulauan Meranti nanti bisa dibawa oleh H Muhammad Adil SH MM di Provinsi Riau pada tahun 2024 nanti. Jelas Addinal Khairi.(rls/RC)







Post a Comment

Lebih baru Lebih lama