Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Kemajuan pada Berbagai Sektor, Pj Bupati Kampar Lakukan Penandatangan MoU dengan IA-ITB.


RIAU
CEMERLANG.com|
    Bangkinang Kota – Dalam meningkatkan Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kampar berbasis Teknologi, Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM melakukan Penandatanganan Kerja sama Memorandum of Understanding (MoU) dengan Ikatan Alumni (IA) Institut Teknologi Bandung (ITB), yang diselenggarakan di Balai Bupati Kampar, Selasa  malam (25/10/2022).



Kerjasama tersebut diantaranya terkait penataan Kota Bangkinang yang berbasis icon Kota Serambi Mekkahnya Riau, dengan pengembangan berbasis teknologi yang dimulai dari Renovasi Islamic Center serta Pendirian sebuah Internasional Hafiz Akademi dilingkungan Islamic Center Bangkinang.


Dalam kerja sama tersebut juga membentuk teknologi yang bagus serta mendorong jaringan Irigasi untuk kelancaran Sektor pertanian, yang mana dalam sistem penanaman sebelumnya Pemerintah Kabupaten Kampar telah melakukan dengan teknologi yang Intensifikasi Padi aeroid Terkendali Berbasis Organik (IPAD-BO).


Kerjasama ini juga mendorong Percepatan pengembangan teknologi UMKM dalam Pemulihan ekonomi masyarakat Kabupaten Kampar Pasca dilanda Pandemi Covid-19 yang lalu serta menggesa sesuai yang di Sampikan Presiden untuk mempercepat mengatasi penanganan masalah kemiskinan Ekstream dan stunting yang ada di Kabupaten Kampar.



Dalam sambutannya, Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM mengatakan bahwa alhamdulillah kita sudah bekerja sama atau melakukan penandatangan kesepahaman (MoU) dengan Ikatan Alumni (IA) Institut Teknologi Bandung yang mana kerja sama ini untuk meningkatkan Pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, dan mendorong Ekonomi Masyarakat baik itu dalam sektor Pertanian, Perikanan, Sektor Periwisata, UMKM serta Program Program sosial dan Kemasyarakatan.


Kabupaten Kampar banyak memiliki produk produk unggulan seperti Padi, madu, sektor Perikanan ada produk Ikan Salai, Peternakan, dan lainnya dengan harapan apabila dikelola bersama IA-ITB maka akan memberikan dampak yng baik, Hal ini juga untuk mendukung Pengembangan Pariwisata untuk meningkatkan pemulihan Ekonomi Masyarakat.


“Saya berharap dengan telah ditanda tangani Nota Kesepakatan ini alumni ITB dapat bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Kampar dalam mewujudkan Pembangunan Kabupaten Kampar.”ungkapnya”.



“Selaku pemerintah daerah tentu saja kami akan mensupport serta mendukung seluruh Nota kerja sama yang telah dilaksanakan hari ini, somoga ini bermanfaat bagi kabupaten Kampar yang kita cintai ini.”tutupnya”.


Dalam kesempatan tersebut, Ketua Alumni ITB Gembong Pramudjaya mengatakan bahwa Dengan adanya teknologi yang ada disektor pangan, pertanian, perikanan, peternakan agar bisa mempertahankan kemandirian pangan di indonesia, artinya dengan kita menerapkan teknologi yang ada maka akan meningkatkan kualitas serta harga jual dari situ nanti timbul kemakmuran untuk masyarakat luas, karena bicara soal 3 (tiga) sektor tadi maka lebih dari 50% dari masyarkaat di indonesia bisa terbantu menghadapi masa masa sulit.


“Terkait dengan Kabupaten Kampar saya sudah jalan jalan dan berdialog dengan perangkat daerah bahwa banyak sekali yang bisa di eksplor dikabupaten Kampar ini.”ungkapnya”


Saya melihat dengan potensi yang besar ini tidak sulit untuk di kembangkan atau ditawarkan kepada pihak luar, sehingga masalahnya bagaimana kita menawarkan potensi ini dengan cara apa dan kira kira kapan waktunya, jadi mungkin ada beberapa hal lain yang akan saya diskusikan dengan pak Bupati,  pada intinya kami siap untuk mensuport,  kami akan membentuk tim khusus untuk kampar, mudah mudahan dengan hal itu kami bisa memecahkan mana yang prioritas awal , kemudian prioritas prioritas selanjutnya dan mana kira kira yang memungkinkan kerjasama ini bisa berkelanjutan.



“Ia juga menyampaikan dengan terbentuk tim khusus tuk Kabupaten Kampar, maka kedepannya kami akan memberikan apa yang terbaik untuk Kabupaten Kampar.”tutupnya”(DiskominfoKampar/IsN)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama