Karya Tulis Juara 1 Tingkat SMA Sederajat se- Kabupaten Pelalawan


RIAUCEMERLANG.com|    PELALAWAN - Hasil Karya Tulis yang di selenggarakan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Wartawan Media Online Indonesia (PW MOI) Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau pada Minggu 23 Oktober 2022 di SMAN 1 Pangkalan Kerinci dengan Tema "23 Tahun Kabupaten Pelalawan di Mata Pelajar"

23 Tahun Infrastruktur Kabupaten Pelalawan

Tujuh belas tahun saya berjuang hidup di Pelalawan. Umur Kabupaten tempat saya tinggal itu, hanya enam tahun lebih tua dari umur saya saat ini. Mungkin, saya adalah salah satu diantara ribuan saksi hidup yang turut mengamati perkembangan Kabupaten Pelalawan. Dalam pandangan saya, Kabupaten Pelalawan menjadi salah satu kabupaten dengan perkembangan yang cukup pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan lancarnya program perbaikan jalan raya, sarana kesehatan masyarakat yang kian memadai juga sarana pendidikan yang tak luput dari perhatian pemerintah, terutama pemerintah daerah.


Sebagai putri daerah, saya turut bahagia ketika Pelalawan berhasil mengeluarkan diri dari daftar kabupaten yang tertinggal di Indonesia. Kabupaten yang dulunya jauh dari kemajuan kini berhasil mengejar ketertinggalan itu dalam periode yang terbilang cukup cepat. Saya memang tidak merasakan situasi tahun 2000-an dimana daerah tempat kami tinggal belum bisa merasakan daya tenaga listrik. Sehingga hanya cahaya lilin dan Genset lah yang menjadi penerang di sekitar rumah kami. Namun, saya telah merasakan ketika di daerah kami mendapat durasi mati lampu gilir yang cukup lama, bahkan terkadang berlangsung selama sehari semalam tanpa energi listrik.


Saya juga turut menyaksikan masa-masa di mana jalan raya berupa tikungan tajam dan sempit di depan kompleks perumahan kami menjadi salah satu tikungan mematikan di daerah Kabupaten Pelalawan. Sering sekali terjadi kecelakaan lalu lintas di sana dan tak jarang kecelakaan itu memakan banyak korban. Bahkan dalam sebulan bisa tercatat dua kali terjadi insiden kecelakaan ringan maupun berat. Tragedi yang pernah tertangkap langsung oleh kedua bola mata saya tak jarang muncul dalam bayangan dan meninggalkan bekas trauma yang sesekali mengganggu aktivitas harian seperti menyeberangi jalan raya atau hanya sekedar berjalan di tepinya. Namun kini, syukur alhamdulillah secara bertahap pemerintah daerah telah melakukan pelebaran jalan. Sehingga, tikungan itu kian menumpuk dan persentase terjadinya lama lantas berkurang cukup drastis.


Perhatikan pemerintah daerah terhadap Kabupaten Pelalawan tak hanya sampai di situ. Sarana pendidikan, kesehatan, lingkungan tempat tinggal juga tak luput dari jasa pemerintahan. Contoh sederhananya adalah lingkungan sekolah kami yang sedang menerima bantuan daerah, bangunan-bangunan sekolah yang juga rutin direnovasi melalui dana pemerintah serta sarana penunjang kesehatan masyarakat yang bertahap dimaksimalkan.


Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa, Kabupaten Pelalawan berusaha sebaik mungkin untuk mengejar kemajuan Kabupaten lain di setiap bidang. Sebagai generasi penerus patutlah kita berkontribusi dalam hal ini. Sebab, pemerintah hanyalah sebagian kecil yang berperan dalam kemajuan kabupaten. Dan kabupaten menjadi bagian kecil dari majunya sebuah negara.


Penulis           : Alfiaturrohmi

Asal Sekolah : SMAS Al-Muslimun, Kecamatan Bandar Sei Kijang, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau

Juara              : I (satu) Tingkat SMA sederajat se-Kabupaten Pelalawan, Riau.(rls/rc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama