Bupati Kampar Kamsol Resmi Dilantik Sebagai Ka Mabicab Gerakan Pramuka Kampar.


RIAU
CEMERLANG.com |
   Bangkinang Kota – Penjabat (PJ) Bupati Kampar resmi dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kampar masa bakti 2022-2027 oleh Kakwarda Riau H. Kasiaruddin, SH. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan digelar di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar. (18/11/2022)


Hadir dalam kesempatan itu diantaranya Ketua Kwartir cabang Gerakan Pramuka Kampar Yuyun Hidayat, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kampar, Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. Yusri, M, S i, anggota Mabicab Kampar, Camat se-kabupaten Kampar, pelatih dan pembina.


Dalam sambutannya usai dilantik sebagai Mabica Kabupaten Kampar Kamsol menyampaikan Pramuka dapat bersinergi dengan Pemerintah daerah dalam mendukung dan membantu program pemerintah seperti, peningkatan pengurangan kasus Staunting di Kampar, selain itu Pramuka dapat membantu program Pemerintah lainnya seperti program Ocu Mapan dan program lainnya.


Ia juga mengatakan Pada masa lampau, sebagian besar siswa-siswi mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas bahkan sampai ke Perguruan Tinggi, sangat berminat menjadi anggota pramuka aktif. Akan tetapi saat ini kita dapat melihat mulai terjadinya pergeseran, dimana generasi muda kita mulai meninggalkan Pramuka dan lebih tertarik terhadap kegiatan-kegiatan lain, bahkan tidak jarang melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat seperti penyalahgunaan obat-obatan terlarang, menurunnya kepatuhan terhadap hukum, serta meningkatnya penggunaan kekerasan sebagai cara menyelesaikan permasalahan.



Kamsol melanjutkan dari kondisi tersebut, nyatalah bahwa tantangan kita dalam gerakan Pramuka kedepan, cukup berat dan beragam. Salah satunya adalah bagaimana menjadikan Gerakan Pramuka menjadi kegiatan ektrakurikuler di sekolah yang diminati dan digemari oleh para pelajar kita, sehingga mereka secara sukarela dan antusias untuk menjadi anggota pramuka aktif disekolahnya.


Kamsol juga mengatakan sebagai Mabica akan berusaha membimbing, mendukung, dan memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan secara berkelanjutan dan berkesinambungan, membantu ketersediaan tenaga, dana, dan fasilitas yang diperlukan untuk pendidikan.


Sementara itu Kakwarda Riau H. Kasiaruddin, SH. Dalam arahannya menyampaikan program kepramukaan terselenggaranya berbagai terutama yang terkait dengan memajukan organisasi diperlukan kemandirian pembiayaan yang hingga saat ini masih belum berhasil diwujudkan, dan masih memerlukan kerja keras kita semua.


Ia menambahkan pembiayaan pembiayaan yang untuk menopang kegiatan Pramuka dibutuhkan untuk itu, semua sumber memang sangat besar, pembiayaan sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka harus tetap diupayakan secara optimal.


Saya yakin dan percaya, dengan dilantiknya Pengurus Mabicab Kampar yang baru, komunikasi kita dengan Pengurus Kakwarda Riau akan semakin intens, dan Insya Allah Gerakan Pramuka Kampar makin berkembang dan maju.(Diskominfo Kampar)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama