Tingkatkan Produksi Beras Kampar, Pj Bupati Kampar Gelar Rakor IPAT-BO


RIAU
CEMERLANG.com |
    Bangkinang Kota – Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM menggelar rapat Koordinasi Pelaksanaan Tekonologi Inovasi Intensifikasi Padi Aerob Terkendali Berbasis Organik (IPAT-BO) tahun 2022, yang diselenggarakan di Balai Bupati Kampar, Jum’at (18/11/2022).


Pada kesempatan Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM melakukan penandatanganan Komitmen dengan Camat dan Kepala se Kabupaten Kampar yang memiliki potensi pertanian. Salah satu isi komitmen tersebut adalah Komitmen dan sepakat kita untuk menjadi Pelopor Tekhnologi IPAT – BO di daerah masing-masing dan berkomitmen untuk memajukan pertanian di Kecamatan dan Desa.


Pemerintah Kabupaten Kampar saat ini melakukan tanam padi dengan Teknologi Intensifikasi Padi Aerod Terkendali- Berbasis Organik (IPAT-BO) di areal Kelompok Tani yang ada dikabupaten Kampar guna untuk meningkatkan kebutuhan Produksi beras dikabupaten Kampar.


Untuk Kebutuhan Produksi Beras di Kabupaten Kampar sebanyak 80.705. 12 ton, yang baru bisa diproduksi mencapai 18. 306.22Ton, berrti ada lebih kurang 80% yang belum tercapai kebutuhan Produksi Beras di kabupaten Kampar.


Tujuan Rekor ini bagaimana kita bisa memproduksi beras mencapai standar yang dibutuhkan Kabupaten Kampar.


Dalam hal tersebut, Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM mengatakan bahwa Pemerintah berupaya terus untuk memproduksi beras mencapai kebutuhan untuk Kabupaten Kampar, maka yang kita bahas ini bagaimana Kita bisa Meningkatkan Produktifitas Petani Kita.


Kampar memiliki potensi lahan seluas 26 Ribu Hektar namun yang saat ini dapat di olah  masyarakat seluas 4000 Haktare saja,  artinya jika potensi ini kita intensifikasi dan ekstensifikasi bukan tidak mungkin Kampar akan mampu menjadi Swasembada Beras.


Dengan rapat ini kita komitmen serta mendorong yang mana IPAT-BO jadi program unggalan kita dan bisa meningkatkan kembali produksi Beras Kampar.


Produksi pangan Kebutuhan Penduduk dikabupten Kampar Seperti Beras dengan Kebutuhan 80.705.12 Ton, Produksi Beras Saat ini 18.306.22 ton, maka produksi Beras dikabupaten Kampar Lebih/kurang 61.798.90 ton.



Maka dalam rapat ini Saya berharap  Camat dan Kepala Desa dapat mensosialisasikan ini dan mendukung program ini untuk mensejahterakan Petani atau masyarakat kita.


Untuk camat yang ada dikabupaten Kampar intinya bagaimana kita bisa meyakinkan Petani kita, maka pemerintah akan berupaya untuk mensosialisasikan program ini.


“Saya akan Memberikan penghargaan untuk camat yang dapat mensukseskan petani mandiri serta meningkatkan Ketahanan Pangan dikecamatannya.”ungkapnya”.


Untuk itu semoga kegiatan rapat ini dapat dilakukan dengan sebaik baiknya, supaya Produksi Kebutuhan Beras dikabupaten Kampar dapat tercapiai standar kebutuhannya.”tutupnya”.


Dalam hal tersebut, Prof. Tualar Simarmarta mengatakan bahwa dalam mengejar capaian produk beras unggulan, segala aspek terkait proses juga harus unggul. Setidaknya, selain teknologi yang unggul, kualitas bibit, pendampingan, kemitraan, tingkat kesejahteraan petani, serta proses pengolahan yang juga harus unggul.


Penerapan Teknologi Intensifikasi Padi Aerob Terkendali Berbasis Organik IPAT – BO akan kita kembangkan di tempat berbeda, kita sangat merasa puas dengan hasil panen ini dengan luasan lahan seperti ini biasanya menghasilkan 5 Ton saja tetapi dengan teknologi ini menghasilkan 9 Ton.



untuk mempercepat Produski Beras  mencapai standar yang diinginkan, maka camat dan kepala desa harus sepakat untuk mecari lahan yang maana bisa diproduksikan untuk petani kita dan Program ini akan kita lanjutkan sampai 2.700 Hektar.”tutupnya”.


Pemerintah Kabupaten Kampar Melakukan MoU dengan Camat dan Kepala Desa, untuk mendukung Program Pemerintah Kabupaten Kampar dalam rangka meningkatkan Produktifitas dan Produksi Padi Di kabupaten Kampar serta mendukung kegiatan Petani diwilayah masing masing untuk menerapkan Teknologi Inovasi IPAD-BO dan Siap Bekerja Sama dan Berkoordinasi dengan semua pihak dalam mensuskseskan penanaman padi diwilayah kami dengan Teknologi IPAT-BO serta Siap menbantu petani untuk mewujudkan Target Produksi sebanyak 100% di tahun 2023,.


Rapat ini dihadiri oleh, Guru Besar Fakultas Pertanain UNPAD Prof. Tualar Simamarta, Direktur PT Kas Ridwan, Nuransyah Harahap dari BRIN didampingi Kadis Pertanian Nur Ilahi serta diikuti oleh Seluruh Camat dan Kepala Desa Se-Kabupaten Kampar.(DiskominfoKampar/IsN)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama