BP Jamsostek Cabang Inhil Lakukan Rakor Bersama Camat Se-Kabupaten Indragiri Hilir


RIAU
CEMERLANG.com| INDRAGIRI HILIR,- BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Indragiri Hilir melaksanakan Rapat Koordinasi Bersama Asisten I dan Seluruh Camat di Kab. Indragiri Hilir, Selasa, 24 Januari 2023.


Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Cabang Inhil yang di Wakili Bp. Rifil Agrinada Putra, Asisten I Setda Inhil Drs. Tantawi Jauhari, dan seluruh camat se Kab. Indragiri Hilir.


Rakor ini dilaksanakan dalam rangka memberikan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada Non ASN, maupun masyarakat pekerja yang berada di wilayah 20 kecamatan Kab. Indragiri Hilir sesuai amanat Inpres No 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan serta Inpres No 4 Tahun 2022 Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.


Rifil mengakui, masyarakat saat ini mungkin belum banyak yang mengetahui tentang apa manfaat serta tatacara jika mau mendaftar di program BPJS ketenagakerjaan. Diharapkan dengan Rakor ini pihak BPJS Ketenagakerjaan bisa bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan, Kelurahan, maupun Desa dalam mensosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu untuk percepatan dan mempermudah sosialisasi serta proses pendaftaran, BPJS Ketenagakerjaan juga mengajak masyarakat untuk menjadi Agen Perisai. 




Agen PERISAI bertugas untuk mengedukasi, mensosialisasi, serta mendaftarkan peserta ke program BPJS Ketenagakerjaan khususnya peserta Bukan Penerima Upah (BPU). Dengan adanya agen PERISAI diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat pekerja akan pentingnya Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, tidak peduli apapun profesi yang sedang di jalani. Di sisi lain Agen Perisai juga akan mendapatkan Insentif dari BPJS Ketenagakerjaan.


Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan merupakan tangung jawab bersama. Sebab program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan amanah pemerintah untuk melindungi seluruh pekerja dari resiko kehilangan tulang punggung keluarga. 


Tindak lanjut dari  kegiatan ini BPJAMSOTEK akan melakukan sosialisasi per kecamatan untuk membentuk agen PERISAI baik di Kecamatan, Kelurahan, maupun Desa.

 

Sementara itu, dalam sambutan Asisten I Setda inhil dalam sambutannya mengatakan, harus bersama-sama untuk optimalisasi pelaksanaan program BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka mengakomodir pekerja-pekerja di wilayah kecamatan baik non ASN maupun Pekerja Mandiri seperti Petani, Pekebun, Nelayan, Pedagang, Tukang Bangunan, Transportasi, dan Buruh Harian Lepas lainnya.


"Dalam melaksanakan program BPJS Ketenagakerjaan yang di atur dengan berbagai regulasi mulai dari instruksi Presiden, Gubernur, hingga instruksi BUPATI perlu kita secara bersama-sama sehingga terlaksana dengan maksimal," ungkap Asisten I Setdakab Inhil 


"Untuk  itu dengan rakor ini kita saling bertukar informasi dan data sehingga sesuai instruksi presiden, gubernur dan bupati dapat kita laksanakan untuk melindungi masyarakat kita dalam beraktifitas," tambahnya.


Dikesempatan lain, M.ridwan selaku kepala cabang BPJS Ketenagakerjaan Indragiri Hilir menambahkan dengan adanya kegiatan ini di harapkan kerjasama BPJS Ketenagakerjaan dengan Kecamatan, kelurahan, ataupun Desa di Kab. Indragiri Hilir dapat mengoptimalkan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan ke masyarakat pekerja tentunya dengan bantuan para Agen-Agen PERISAI.(rls/rc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama