Pemkab Kampar Gelar Makan "Bajambau" Hari Jadi Kabupaten Kampar ke-73


RIAU
CEMERLANG.com|     Bangkinang,-Usai menggelar Sidang Istimewa Paripurna DPRD Kabupaten Kampar sempena Hari Jadi Kabupaten Kampar ke-73, Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar menggelar makan “Bajambau” di balai Adat Kampar. Pj. Bupati Kampar DR. Kamsol, MM menerima tamu undangan untuk menggelar makan Bajambau.


Kegiatan tersebut dihadiri  seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kampar, Ketua Adat Kampar (LAK) Drs. Yusri, M,Si, anggota DPRD Kabupaten Kampar, Ninik mamak di 64 kenegerian se-kabupaten Kampar, seluruh Kepala Organisasi perangkat Daerah (OPD).


Dalam keterangan usai Menggelar makan Bajambau tersebut, Pj. Bupati Kampar bahwa makan Bajambau merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Kampar setiap tahunnya, makna yang diambil dari makan Bajambau ini adalah, Pemerintah Daerah berupaya memperkokoh tali silaturahmi bersama Ninik mamak di 64 kenegerian se-kabupaten Kampar,


“Ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah untuk memperkokoh tali silaturahmi antara Pemerintah dengan Ninik mamak se-kabupaten Kampar, selain itu juga merupakan apresiasi kepada Ninik mamak selaku pemegang adat istiadat di Kabupaten Kampar “ujarnya.


Kamsol mengatakan, selain memperkokoh tali silaturahmi dengan Ninik mamak, makan Bajambau ini juga melambangkan rasa syukur Pemerintah Daerah karena pada tanggal 6 Februari merupakan hari bersejarah bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kampar karena pada tanggal inilah Kabupaten Kampar berulang tahun.


Ia berharap dengan Hari Jadi Kabupaten Kampar ke-73 ini Kabupaten Kampar menjadi Kabupaten termaju, sejahtera di Provinsi Riau, dan sesuai dengan tema Hari Jadi Kabupaten Kampar peningkatan perekonomian masyarakat tercapai dengan keadilan yang merata.


Sementara itu Ketua Lembaga Adat Kampar (LAK) Drs. Yusri, M,Si usai mengikuti dan menggelar Makan Bajambau dirinya mengatakan, bahwa sudah menjadi adat istiadat bahwa setiap peringatan Hari Jadi Kabupaten Kampar, makan Bajambau akan digelar di Rumah adat Kampar atau balai adat Kampar.


Ia menambahkan selaku Ketua LAK dan Pucuk Adat Kabupaten Kampar, ia menyampaikan bahwa makan Bajambau merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Daerah kepada seluruh Ninik mamak dikenegerian 64 se-kabupaten Kampar terhadap peringatan Hari Jadi Kabupaten Kampar ke-73 ini.(rls/prot-dokpim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama