Pj Bupati Kampar Dampingi Gubri Ziarah Kubur Hari Raya Enam


R
IAU
CEMERLANG.com|   Bangkinang- Pj Bupati Kampar Dr.H.Kamsol.MM mendampingi Gubernur Riau dalam acara Ziarah Kubur Hari Raya Enam tahun 1444H/2023M di Masjid Mujahidin Desa Muara Uwai Kecamatan Bangkinang, Sabtu (29/4).


Turut hadir di antaranya Forkopimda Provinsi Riau, Staf Ahli Gubenur Riau Yurnalis Basri.S.Sos.M.Si Forkopimda Kab Kampar, Kepala Biro Kesra Provinsi Riau Zulkifli Syukur,Pj Sekretaris Daerah Ir.Azwan.M.Si, Seluruh OPD Terkait, Camat Bangkinang Drs.Darusmar.M.Si, Kepala Desa Muara Uwai Edi Akmal, Ninik Mamak dan Seluruh Masyarakat yang mengikuti Hari Raya Enam (Aghi Ghayo Onam) Ziara Kubur.


Pj Bupati Kampar Dr.H.Kamsol.MM menyampaikan pada pelepasan Ziarah Kubur dalam rangka Hari Raya Enam (Aghi Ghayo Onam) 1444 H/2023M di Desa Uwai Kecamatan Bangkinang bahwa di kabupaten Kampar ini mempunyai tradisi yang sudah turun temurun saat usai merayakan Hari raya Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriah. Masyarakat di Kabupaten Kampar melanjutkan dengan puasa sunnah selama enam hari persis setelah hari Raya Idul Fitri, yaitu pada 2-7 Syawal. Namun, orang yang berpuasa di luar tanggal itu, sekalipun tidak berurutan, tetap mendapat keutamaan puasa Syawal seakan puasa wajib setahun penuh, dan diakhiri dengan Ziarah Kubur Hari Raya Enam atau “Aghi Ghayo Onam”.


Walaupun sudah 2 (dua) tahun belakang ini agenda Hari Raya Enam  ini atau “Aghi Ghayo Onam” tidak bisa kami laksanakan karena wabah Covid-19, namun Kami sangat bersyukur di tahun ini kami bisa melaksanakannya karena bagi kami di Kabupatern Kampar, “Aghi Ghayo Onam” ini lebih besar maknanya dari Idul Fitri, karena selain dari ziarah kubur yang mengingatkan kita dengan kematian, berdoa dan berzikir, juga dihari ini adalah hari silahturahmi, saling kunjung mengunjungi satu sama lainnya dan bermaaf-maafan bagi masyarakat kabupaten Kampar, baik itu masyarakat tempatan maupun masyarakat yang berada diperantauan “berbondong-bondong” pulang kampung untuk merayakan “Aghi Ghayo Onam” ini. 


Ini suatu kebanggaan kami, dimana kentalnya rasa persaudaraan dan kekompakan masyarakat Kampar dalam mengekspresikan rasa syukur kepada Allah Swt dalam  merayakan Ziarah Kubur Hari Raya Enam atau “Aghi Ghayo Onam” yang sangat religius ini.


Pemerintah Kabupaten Kampar terus berupaya mendukung dan mengapresiasi pelestarian nilai-nilai budaya yang ada di masyarakat. Untuk itu saya selaku Pj Bupatai Kampar mengucapkan Selamat merayakan Hari Enam atau “Aghi Ghayo Onam”, minal Aidin Wal Faizin,  mohon maaf lahir batin.  


Saya juga berharap agar momen ini benar-benar mampu mengantarkan tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai agama, akhlak mulia, kebersamaan dan kasih sayang dan terus saling peduli demi terciptanya tatanan masyarakat yang berharkat dan bermartabat, sejahtera dan berkeadaban di bawah naungan ridha, maghfirah, dan kasih sayang Allah SWT. Amin, Ya Mujiibassaa'iliin sehingga Kabupaten Kampar menjadi Kabupaten “baldatun toyyibatun warobbun ghofur”.


Selanjutnya, dalam arahannya Gubernur Riau Drs Syamsuar.M.Si menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri tahun 1444H/2023M untuk seluruh masyarakat Kabupaten Kampar.


Ziarah kubur dalam rangka Hari Raya Enam ini merupakan salah satu kegiatan atau wisata religi sama seperti kegiatan Balimau Kasai dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan.


Ziarah kubur ini merupakan kegiatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. "Ziarah kubur mengingingatkan kita dengan kematian. Sebab mulai dari pagi kegiatan ini mengunjungi setiap kuburan dan melakukan do'a bersama di setiap kuburan.


Dikatakan, kegiatan ini harus dilestarikan, selain memiliki nilai keagamaan yang mengutamakan silaturahmi dan memiliki nilai wisata religi yang harus dipelihara dengan baik agar ini ke depan menjadi wisata religi di Provinsi Riau bahkan Indonesia.(rls/prot-dokpim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama