Peringati Hari Santri Nasional, Danrem 031/WB Kunjungi Ponpes Asyekh Abdul Wahhab Bidayatullah Musthafawiyah


RIAU
CEMERLANG.com|   PELALAWAN - Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan, begitu apresiasi sekaligus kagum pada seorang tentara berpangkat Sertu yang telah mampu mendirikan pondok pesantren. Jendral bintang satu ini memberikan dukungannya ke salah satu anggota Korem dari Kodim 0313/KPR, Sertu Dodi, yang dinilai telah bisa menjadi inspirasi bagi semuanya. 


Hal ini disampaikan Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan, pada media ini usai kegiatan Bakti Korem 031/Wira Bima berupa pembangunan asrama putri Ponpes Asysyekh Abdul Wahhab Bidayatul Musthafawiyah, sempena Hari Santri Nasional di pelataran mesjid Ponpes tersebut di Desa Dusun Tua, Kecamatan Pangkalanlesung, Senin (23/10/2023). 


Hadir dalam kegiatan Hari Santri Nasional di Ponpes yang didirikan oleh anggota Kodim 0313/KPR dan Korem 031/Wira Bima, Sertu Dodi Syafrizal, ini diantaranya Dandim 0313/KPR  Letkol Arh. Muliyadi, Wakil Bupati Pelalawan, H. Nasaruddin SH, MH, Ketua DPRD Pelalawan Baharudin SH. MH, Kapolsek Pangkalanlesung AKP Liston Sihombing, S.H., M.H, muspika Pangkalanlesung, Humas PT. Musim Mas Malinton dan puluhan Santri Ponpes Asysyekh Abdul Wahhab Bidayatul Musthafawiyah yang berdiri di awal tahun 2020 ini.


"Ini adalah inspirasi bagi kita semua. Seorang babinsa dengan pangkat Sersan satu, mampu melaksanakan perintah TNI Angkatan Darat untuk mengimplementasikan jiwa dan raganya membantu pemerintah daerah mengatasi kesulitan di daerahnya. Ini luar biasa," kata Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan. 


Dia berharap Ponpes ini akan mampu mempersiapkan potensi sumberdaya manusia yang menjadikan masyarakat Indonesia memiliki daya tahan, jiwa-jiwa nasionalisme untuk senantiasa mendukung program pemerintah dan juga mampu menangkal berbagai ancamam dan gangguan yang bisa melemahkan bangsa ini. 


"Kedua, kita berharap dari Ponpes ini akan lahir manusia-manusia Indonesia atau warganegara Indonesia yang memiliki jiwa nasionalisme didasari dengan ibadah, ketakwaan dan kepatuhan yang benar-benar sebagai muslim Indonesia, selalu menjaga persatuan dan kesatuan untuk mendukung kemajuan bangsa yang lebih baik lagi," tandasnya. 


Wakil Bupati Pelalawan, H. Nasaruddin SH, MH, di kesempatan itu menyatakan apresiasinya atas Ponpes yang didirikan Sertu Dodi Syafrizal ini. Wabup menilai Sertu Dodi ini benar-benar luar biasa karena telah mendharmakan baktinya di pesantren ini membentuk akhlakul karimah bagi masyarakat di Kabupaten Pelalawan khususnya.


"Dan sesuai arahan Pak Danrem, kita memang akan memberikan bantuan dana BOS sesuai aturan. Dan perlu diperhatikan juga perizinan yang harus dipersiapkan. SMP Ponpes ini sudah ada izin dan nanti ada pembangunan kelas baru yang akan dibantu oleh pihak perusahaan Musim Mas," ujar Wabup Nasaruddin SH, MH. 


Lanjutnya, intinya pemerintah akan berperan aktif dan itu akan dilakukan bertahap sesuai dengan perlakuan perundang-undangan pesantren. Artinya, pesantren yang berada di bawah Kementerian agama yang langsung vertikal ke pusat, bagaimana diupayakan ponpes ini untuk boarding school-nya yakni SD dan SMP bisa izin pemerintah daerah saja. 


"Kalau itu bisa direalisasikan, ke depannya akan mudah kita memberikan bantuan-bantuan," katanya. 


Ketua DPRD Pelalawan, Baharudin SH. MH, tak mampu menyembunyikan rasa salut dan kagumnya pada Sertu Dodi yang mampu mendirikan pesantren dengan puluhan para santrinya. Orang nomor satu di Legislatif Pelalawan ini menyatakan dukungannya apa-apa yang akan dilakukan Pemerintah Daerah. 


"Kami DPRD hanya menyiapkan perangkatnya karena Perda yang berkaitan dengan Ponpes ini sudah ada. Dan ini akan menjadikan payung hukum dalam pemberian bantuan ke ponpes-ponpes termasuk ke Ponpes Asysyekh Abdul Wahhab Bidayatul Musthafawiyah ini," tukasnya. 


Dalam kegiatan tersebut, selain diberikan bingkisan ke para santri yang diberikan oleh Danrem 031/Wira Bima, Dandim 0313/KPR, Wakil Bupati Pelalawan, Ketua DPRD Pelalawan, para pejabat itu berturut-turut kemudian melakukan.(rc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama