Program Jumat Curhat, Kapolda Riau Ingin Dengar Langsung Keluhan Warga


RIAU
CEMERLANG.com| BANGKINANG- Kapolda Riau Irjen Pol H. M. Iqbal kunjungi Kampar menyambangi masyarakat Kabupaten Kampar dengan menggelar kegiatan Jumat Curhat, di halaman Rumah Dtk Yusril, Kecamatan Bangkinang, Jum'at (20/10/2023) sekira pukul 10.00 WIB


Dalam kegiatan ini di hadiri Kapolda Riau Irjen Pol H. M. Iqbal, PJU Polda Riau, Kapolres Kampar AKBP Ronald Sumaja, Waka Polres Kampar Kompol Andi Cakra Putra, Ketua LAK Kampar Dtk Yusri, PJU Polres Kampar, Ketua MUI yang di wakili oleh Sekretaris ustad Syamsiatir, dan lain-lain.


Dalam sambutannya, Irjen Iqbal mengatakan, sesuai program yang dicanangkannya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, bahwa Polisi harus jemput bola, sudah tidak zamannya lagi polisi berada kantor.


"Polisi itu adalah pelindung dan pengayom serta pelayanan masyarakat untuk menjamin pemeliharaan keamanan, ketertiban masyarakat. Walaupun ada aspek penegakan hukum, namun polisi tetap mengedepankan upaya perlindungan pengayoman dan pelayanan masyarakat," kata Iqbal.


Oleh karena itu, sebut Irjen Iqbal, setiap hari Jumat, seluruh Kapolda, Kapolres dan Kapolsek se-Indonesia diperintahkan untuk turun menemui masyarakat, guna mendengarkan aspirasi dan keluhan dari masyarakat, sehingga jajaran kepolisian bisa cepat memberikan pelayanan yang optimal.


"Intinya Polda Riau ingin meminta masukan masyarakat semua apa sesungguhnya masih kurang kepada kami terkait masalah pelayanan sehingga kami bisa membenahi institusi dengan baik dan bisa dicintai masyarakat," cakapnya.


Dalam kegiatan itu, berbagai keluhan terkait isu yang meresahkan masyarakat dan laporan tindak kejahatan pidana yang diutarakan langsung oleh masyarakat kepada Bapak Kapolda Riau.


"Kami berharap pihak kepolisian dapat memberantas Narkoba di wilayah kami. Kemudian, terkait isu-isu seputar Pilkada dan Pemilu yang sering menjadi gejolak di masyarakat," ungkap Sekretaris MUI Kabupaten Kampar Ustad Syamsiatir. 


Selain itu, terkait balap Liar dengan rutinnya dilaksanakannya razia balap liar setiap malam nya sehingga balap liar di kota Bangkinang tidak ada seperti dahulu yang meresahkan, kami berterima kasih kepada kapolres Kampar dan jajarannya. 


Kemudian, selain itu juga warung remang-remang yang sangat meresahkan masyarakat. "Seperti kita ketahui, Kampar adalah serambih mekahnya Riau," pungkasnya.


Dari berbagai keluhan dan isu tersebut, jajaran Polda Riau yang turut hadir dalam kegiatan itu menjawab segala keluhan masyarakat dengan tuntas dan memberi solusi ke masyarakat.


"Kegiatan Patroli rutin setiap hari dilaksanakan untuk menekan angka kejahatan di masyarakat. Kita akan segera buat TR ke Bhabinkamtibmas terkait pengamanan dan monitoring serta sosialisasi" ungkapnya.


Selain itu, jajaran Ditresnarkoba Polda dan Polres Kampar juga akan melakukan rehap medis dan sosial terhadap para pemakai narkoba sehingga bisa memberikan efek kesembuhan kepada pemakai tersebut.


Terkait keluhan masalah Pilkada, Polda Riau sudah bekerja sama dengan pihak Bawaslu dan KPU terkait langkah mengantisipasi potensi kerawanan kampanye.


"Selain itu, Polda Riau juga sudah mengundang para mahasiswa dan instansi terkait untuk bisa memahami terkait tahapan dan larangan terkait Pilkada. Jika masyarakat mengetahui pelanggan Pilkada bisa melaporkan lewat Aplikasi Sigap Lapor," pungkasnya.


Kegiatan selanjutnya pemberian bantuan sembako oleh Irjen pol M.Iqbal kepada masyarakat yang kurang mampu.


Rangkaian kegiatan berakhir sekira pukul 11.30 Wib dilanjutkan ke Mesjid Raya Baitul Sholihin JL. Letnan Boyak - Bangkinang kecamatan Bangkinang , selama kegiatan Jum'at Curhat dilakukan pengamanan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kampar, dan selama kegiatan berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman, Terkendali dan Kondusif.(RC)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama