Aliansi Mahasiswa Peduli Palestina UIN Suska Riau Gelar Aksi Damai Bela Palestina


RIAU
CEMERLANG.com|    Pekanbaru - Sekumpulan Mahasiswa yang menamakan diri mereka Aliansi Mahasiswa Peduli Palestina UIN Suska Riau menggelar aksi damai Bela Palestina sekaligus memperingati hari HAM Internasional dilingkungan UIN Suska Riau, Kamis (14/12/2023) siang.


Salah seorang peserta aksi damai, Agel Gandiza mengatakan bahwa aksi damai ini diikuti oleh ratusan Mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas di UIN Suska Riau, yang dimulai dengan melaksanakan shalat Zuhur berjamaah yang kemudian dilanjutkan dengan shalat ghaib untuk mendoakan para korban yang menderita akibat serangan Israel di Palestina.


"Setelah itu para Mahasiswa melakukan konvoy mengelilingi UIN Suska Riau, mulai dari jalan Rimbo Panjang ke jalan Garuda Sakti, lanjut ke jalan Buluh Cina dan berakhir didepan gedung rektorat UIN Suska Riau", ujar Agel.


Lebih lanjut Agel mengatakan bahwa Kami sangat sedih dan prihatin atas apa yang menimpa para rakyat Palestina, jadi Kami hanya bisa lakukan mengirimkan doa serta berdonasi seadanya. Meskipun aksi-aksi yang ada sudah tidak seramai minggu-minggu yang lalu, tapi kami akan terus melakukan aksi untuk terus mendukung mereka.


"Kami juga berharap bahwa aksi ini dapat dijadikan sebagai pemantik pergerakan di UIN Suska Riau yang telah lama padam, yang bahkan belum ada pergerakan sama sekali dalam tahun ini semenjak dilantiknya DEMA Universitas yang baru, bahkan untuk aksi kemanusiaan seperti ini", terang Agel.


Dalam aksinya, para mahasiswa juga mengumandangkan nada-nada protes berupa orasi oleh para perwakilan mahasiswa seperti dari SEMA Universitas serta perwakilan dari simpul-simpul fakultas yang hadir pada siang itu.


"Orasi ini berupa pesan agar para Mahasiswa menimbulkan rasa kepeduliannya dan sadar akan peran mereka  sebagai Agent Of Change dan Agent Of Control serta tuntutan kepada Pemerintah Indonesia untuk bersikap tegas terhadap Israel", bebernya.


Kita meminta Pemerintah Indonesia untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina dan mendesak Pemerintah Indonesia untuk memboikot produk-produk Israel.


"Selain itu aksi juga diwarnai dengan pembacaan puisi yang mengharukan dari UKM Latah Tuah", tutup Agel.


Di tempat yang sama, depan gedung Rektorat, salah seorang peserta aksi lainya, Alfonda Maikel mengatakan bahwa para Mahasiswa menggelar aksi dengan mengusung berbagai poster dan spanduk bertuliskan dukungan kepada Palestina. Mereka juga melakukan orasi untuk mengutuk serangan Israel di Palestina.


"Seperti yang kita ketahui bersama, Israel melakukan kekejaman serta banyak sekali pelanggaran etika perang dalam penyerbuannya ke Palestina. Apa yang mereka lakukan bukan lagi perang, namun genosida serta upaya penghapusan sejarah Palestina dengan banyaknya korban anak-anak dan hancurnya banyak tempat-tempat bersejarah di Palestina serta makam yang dihancurkan. Maka atas dasar itulah, kami mengadakan aksi damai yang sudah lama kami rancang ini,” ungkapnya.


Aksi damai Mahasiswa mendapat sambutan baik dari Rektor UIN Suska Riau yang ditandai dengan hadirnya Wakil Rektor III UIN Suska Riau, Prof. Edi Erwan, S.Pt., M.Sc., Ph.D, S.Pd, dimana dalam sambutannya, Edi Erwan menyampaikan dukungannya kepada perjuangan rakyat Palestina serta mengapresiasi inisiatif para peserta aksi damai ini.


"Kami turut mengapresiasi kegiatan positif ini yang merupakan bentuk solidaritas kita terhadap bangsa Palestina. Aksi ini merupakan bagian dari bentuk kepedulian kita terhadap para saudara kita di Palestina yang tertindas", ungkapnya.(RC)




Sumber : Humas PWMOI Riau

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama