Normalisasi Drainase Atasi Banjir Terus Berlanjut


RIAUCEMERLANG.com|  PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terus melakukan normalisasi drainase dan anak sungai. Langkah ini sebagai salah satu upaya atasi masalah banjir di sejumlah titik.


Normalisasi dilakukan oleh tim pasukan kuning dan dibantu dengan alat berat eskavator mini. Mereka mengeruk sedimen yang sebabkan pendangkalan dan banjir.


Tim pasukan kuning juga membersihkan sampah yang memenuhi drainase. Pasukan kuning ini melakukan normalisasi setiap hari dan di sebar ke sejumlah titik.


"Upaya-upaya sudah kita lakukan seperti pengerukan drainase, normalisasi drainase/parit dan ini terus kita lakukan," kata Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Edward Riansyah, Rabu (27/12).


Normalisasi merupakan salah satu upaya jangka pendek guna mengatasi permasalahan banjir. Apalagi dari masterplan penanganan banjir terdata ada ratusan masalah yang sebabkan banjir.


Menurutnya, untuk mengatasi banjir tersebut juga diperlukan kerjasama semua pihak dan harus dilakukan secara maksimal. Dalam hal ini tentunya peran pemerintah, instansi terkait dan masyarakat agar lebih tanggap dalam menangani banjir tersebut.


"Upaya-upaya sudah dilakukan Pemko Pekanbaru melalui Dinas PUPR bekerja sama dengan instansi terkait lainnya. Dan juga kemarin melakukan gotong royong dengan Forkompinda," jelasnya.


Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk ikut serta bagaimana menjaga kota Pekanbaru ini bisa lebih baik, bersih dan bebas banjir untuk kedepannya.


"Tentunya dengan menjaga agar tidak membuang sampah ke parit atau drainase dan segala macam ini yang menjadi catatan tersendiri bagi kami," pungkasnya. (Rls Kominfo)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama