Puncak Hari Juang Kartika Ke-78, Pj Bupati Kampar Berharap Sejarah Pertempuran Ambarawa di Kampar Dapat diKenang Kembali


RIAU
CEMERLANG.com|   Kuok - Untuk memperingati hari Juang Kartika TNI AD Ke-78, Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE, MM mengikuti Upacara di Lapangan Sepakbola Empat Balai Kecamatan Kuok, Jum’at (15/12/2023).


Upacara Hari Juang Kartika dipimpim oleh Dandrem 031/ Wira Bima Brigejen TNI Dany Rakca.S.A.P, M.HAN serta dihadiri oleh Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H. Edy Afrizal Natar Nasution, S.IP, Wakapolda Riau Brigjen Pol Drs. K. Rahmadi,SH, MH, Danlanud Roesmin Nurjadin Feri Yunaldi, SE, M. Han, Kapolres Kampar AKBP Ronald Sumaja, Tokoh Sejarah, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Masyarakat dan tamu undangan lainnya.


Hari Juang Kartika TNI AD merupakan tonggak sejarah bagi TNI, khususnya anggota TNI AD dalam berjuang merebut kemerdekaan Indonesia. Bersama-sama rakyat dalam mempertahankan wilayah Ambarawa pada tanggal 15 Desember 1945 lalu. 


Provinisi Riau melakukan Upacara Hari Juang Kartika dipusatkan di Kabupaten Kampar tepatnya di Kecamatan Kuok, karna Kabupaten Kampar merupakan sejarah Bagi TNI AD dimasa Peperangan Ambarawa yang dipimpin oleh Panglima Jendral Sudirman, yang mana pertempuran ini dihadiri langsung dahulunya oleh PBB.


Dalam hal itu, Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE, MM mengucapkan Selamat Hari Juang Kartika yang Ke-78, semoga TNI AD selalu dihati rakyat dan terus menjaga ketertiban dan keamanan, semoga selalu berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah dalam menjaga keutuhan NKRI, dan terus mengayomi masyarakat.


“dalam peringatan Hari Juang Kartika TNI AD ini diharapkan mampu menjadi penyemangat dan Motivasi yang selalu berjuang untuk negara dalam mempertahankan NKRI dan Pengamanan yang Kondusif untuk Kabupaten Kampar Negeri Serambi Mekkahnya Riau ini.


Ia juga mengatakan, dalam memperingati Hari Juang Kartika ini diharapkan mampu membangkitkan sejarah Pertempuran Abarawa yang dipimpin oleh Panglima Jendral Sudirman yang bertempat di Kabupten Kampar, kami dari Pemda Kampar mendukung Sejarah ini kembali dikenang oleh Masyarakat yang ada di Indonesia.


“Untuk itu, ini momen yang paling bagus untuk mengenang bahwa Kabupaten Kampar merupakan Kabupaten yang sangat bersejarah dalam Pertempuran merebut Kemerdekaan Indonesia.


“Untuk itu, terimakasih Kepada Gubernur, Dandrem, Kapolda , Danlanud serta Tokoh Sejarah, semoga kedepannya Upacara Puncak Hari Kartika ini selalu dilaksanakan di Kabupaten Kampar.


Dalam sambutannya, Dandrem 031/ Wira Bima Brigejen TNI Dany Rakca.S.A.P, M. Han mengucapkan selamat Hari juang Kartika TNI AD Ke 78 dan saya juga berterimakasih dan penghargaan setulus tulusnya atas pengabdian, keberhasilan serta prestasi yang telah di capai Prajurit Korps Infanteri dan selalu berjuang pengamanan untuk Masyarakat, dan Hari Juang Kartika ini merupakan hari yang harus dikenang oleh Kita semua.


“karena kegigihan Jendral Sudirman menjadi motivasi untuk kita semua walaupun beliau dalam Keadaan sakit, akan tetapi selalu berjuang bersama  rakyat merebut Kemerdekaan Indonesia.


Dandrem juga mengatakan, dengan Hari Juang Kartika ini mengusung Tema “TNI AD bersatu dengan alam membangun NKRI.” , maka dari itu mari kita berkomitmen untuk menjaga dan menegakkan keutuhan NKRI. Konsistensi tersebut sangat penting bagi kita semua, mengingat ancaman disintegrasi bangsa masih terus membayangi.


“Saya mengajak kepada kita semua agar memancarkan semangat untuk terus memperkokoh keterpaduan dan kerja sama dengan komponen bangsa lainnya, dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta Bhinneka Tunggal Ika.


“melalui kesempatan ini, saya mewakili TNI mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada pemerintah daerah serta komponen seluruh bangsa yang telah memberikan kepercayaan dukungan bantuan dan kerjasamanya dengan seluruh satuan Infanteri Jajaran TNI AD dimanapun berada.


Dalam kesempatan ini, Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H. Edy Afrizal Natar Nasution, S.IP, mengucapkan selamat Hari Juang TNI AD Ke 78 saya bangga kepada kalian semua, saya berpesan kepada para prajurit TNI AD agar selalu dekat dengan masyarakat, serta menerapkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dalam pelaksanaan tugas.


“tetap semangat, tunaikan sumpah dan mandat kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia yang dapat menjamin keamanan dan keselamatan Nusa dan Bangsa. Itulah kunci agar TNI AD di Hati Rakyat dan selalu dicintai rakyat


Diakhir sambutan, Penyerahan bantuan oleh Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H. Edy Afrizal Natar Nasution, S.IP  berupa Paket Peningkatan Kualitas Sarana Lapangan Pulau Balai sebesar Rp. 100 Juta sekaligus Penyerahan Bantuan 40 Sembako kepada masyarakat dan 40 Paket sembako Untuk anak Stunting serta Penandatanganan Prasasti oleh Gubernur Riau, Dandrem 031/Wira Bima dan Kapolda Riau yang diwakili Wakpolda Riau serta disaksikan oleh Pj Bupati Kampar dan tamu undangan Lainnya.(rls/prot-dokpim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama