DEMA FTK UIN Suska Riau Gelar Dialog Refleksi Pasca Pemilu 2024


RIAU
CEMERLANG.com|  Pekanbaru - Dalam rangka  merefleksi Pemilu 2024 yang telah dilaksanakan 14 Februari lalu, Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema)  Fakultas Tarbiyah Keguruan (FTK) UIN SUSKA mengelar Dialog yang dihadiri oleh Mahasiswa/i UIN Suska Riau, Senin (26/02/2024).


Dalam sambutan pembuka Ketua pelaksana dialoh  Raja Pradigjaya  mengatakan, diskusi ini dapat dijadikan refleksi mahasiswa pasca pemilu.



" Kegiatan yang ditaja oleh Departemen Sosial Politik Dema FTK ini menjadi momentum kita bersama untuk sama sama menyatukan gagasan, dengan harapan kita bisa mengambil peran atas terjadinya hiruk pikuk dinamika politik pasca pemilu, berharap mahasiswa ambil adil untuk memperjuangkan nilai nilai demokratis serta menekankan kepada etika politik, dan mempertanyakan seberapa penting calon legislatif, calon presiden bagi mahasiswa, "kata raja.


Dikatakan Raja  dirinya merasa sangat optimis sekali ke depan nanti lembaga parlemen akan bukan hanya berubah wajah akan lebih besar berkontribusi dalam proses karena ruang demokrasinya semakin hari semakin terbuka jadi hari-hari ini semua merasa sebagai pemilik obligasi Republik Indonesia ikut bicara bagaimana demokrasi dibangun ke depan.


“Saya kira itu adalah situasi positif, tinggal nanti bagaimana opini opini dan arah demokrasi ini terkelola dengan baik,” tutur Raja. 



Sementara itu pemantik yang dihadirkan oleh Dema FTK adalah Menteri Sosial Politik DEMA UIN SUSKA Surya Maryudha, menjelaskan dasar refleksi pada dialog kali ini lebih terarah dan mahasiswa mampu memahami yang dimaksud dengan refleksi pasca pemilu. 


Refleksi berarti bergerak mundur untuk merenungkan kembali apa yang sudah terjadi dan dilakukan.  Refleksi mahasiswa pasca pemilu mencakup evaluasi terkait peran aktif dalam proses demokrasi. Hal ini melibatkan penilaian terhadap pemahaman politik, partisipasi dalam pemilihan, serta kesadaran terhadap isu-isu sosial dan politik"kata surya. 


Selanjutnya surya berharap mahasiswa perlu mempertimbangkan bagaimana kontribusi mereka dalam memperkuat demokrasi dan menciptakan perubahan positif dalam masyarakat. Dalam refleksi ini, penting untuk menggali lebih dalam tentang makna kewarganegaraan, pentingnya pemimpin dan tanggung jawab sosia,"tandas surya. (Dika/RC)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama