Penjabat Bupati Kampar Silaturrahmi Dengan Universitas Pahlawan Sekaligus Diskusi Persiapan Peresmian Kebun Raya Universitas


RIAU
CEMERLANG.com|Bangkinang Kota,- Penjabat (Pj) Bupati Kampar Hambali.SE.M.Ba.MH bersilaturrahmi dengan Universitas Pahlawan dan diskusi persiapan peresmian kebun raya universitas di Ruang Rapat Pimpinan Universitas Pahlawan Bangkinang Kota, Rabu (13/3).


Turut hadir dalam kegiatan ini diantranya Rektor Universitas Pahlawan Prof.Dr.Amir Luthfi, Pembantu Wr 1, Wr 2, Wr, Dekan Fakultas, Plt Kepala Dinas Kominfo Irwan AR, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Yuricho Erfil.S.Stp, Kepala Bagian SDA Safaruddin, dan seluruh Dosen Universitas Pahlawan.


Penjabat (Pj) Bupati Kampar Hambali.SE.M.Ba.MH menyampaikan dirinya mengapresiasi dengan adanya kegiatan peresmian kebun raya universitas, keberadaan kebun raya sangat strategis sebagai kawasan terpadu yang diharapkan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.


Selain manfaat ekologi dan menyelamatkan keanekaragaman hayati tumbuhan, keberadaan kebun raya juga dapat memberikan dampak ekonomi dan sosial.


Kemudian kebun raya juga menjadi laboratorium penelitian bagi mahasiswa dan peneliti serta ajang edukasi bagi para pelajar sesuai dengan fungsi-fungsi kebun raya yang terdiri dari konservasi, penelitian, pendidikan, wisata dan jasa Lingkungan.


“Kita patut bersyukur karena kawasan ini adalah kawasan yang strategis, satu-satunya kebun raya universitas di Kabupaten Kampar dan letaknya juga di tengah jantung ibukota,” ujar Hambali.


Selanjutnya, Rektor Universitas Pahlawan Prof.Dr.Amir Luthfi menjelaskan gagasan untuk menciptakan Kebun Raya ini muncul sejak kedatangan Menko PMK dengan gerakan nasional revolusi mental, yang dimulai dengan penanaman pohon kelor di Universitas Pahlawan. Dalam upaya untuk mewujudkannya, Universitas Pahlawan menjalin kerjasama dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) melalui penandatanganan Memory of Agreement (MoA). Alasan utama di balik proyek Kebun Raya ini adalah kekurangan tempat wisata alam di Provinsi Riau, sehingga melalui Forum Group Discussion (FGD), mereka sepakat untuk mengembangkan area ini.


“Saya berharap dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kampar untuk pembangunan kebun raya universitas Pahlawan” Ucap Amir Luthfi.(Rls/prot-dokpim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama